Menjelang Idul Adha banyak orang mencari sapi kurban. Namun di kondisi pandemi seperti ini, semua orang bingung untuk menemukan sapi yang tepat. Akhirnya muncul tren kurban online yang bisa menjawab kebingungan masyarakat saat ini.

Meski demikian, Anda tetap harus tahu bagaimana seharusnya hewan kurban terbaik. Khususnya bagi Anda yang ingin berkurban sapi. Nah, berikut ini beberapa kriteria sapi kurban yang cocok sebagai hewan kurban terbaik.

1. Umurnya Cukup

Tidak semua sapi diperbolehkan untuk dijadikan hewan kurban. Dalam ajaran syariat, ada ketentuan untuk umur yang harus dipenuhi ketika memilih sapi. Batasan umur untuk sapi dalam istilah syariat ini harus sudah musinnah, atau sudah berumur 2 tahun.

Bagi pembeli tentunya tidak akan mengetahui umur sapi tanpa melihat ciri-ciri fisiknya. Tanda-tanda bahwa hewan tersebut sudah berumur dua tahun yaitu dengan adanya sepasang gigi tetap di bagian rahang.

Gigi tetap ini berbeda dengan gigi susu yang runcing. Gigi tetap memiliki ukuran besar dan rata, sedangkan gigi susu masih berukuran kecil dan runcing.

2. Sapi yang Dipilih Harus Gemuk

Kriteria selanjutnya adalah dengan memilih sapi yang gemuk. Ukuran sapi gemuk ini bisa sangat bervariasi, tergantung dari jenis sapi itu sendiri. Namun demikian, tentunya orang akan bisa melihat mana sapi yang gemuk, dan mana sapi yang kurus dari terlihatnya tulang-tulang di bagian rusuk sapi.

Memilih sapi yang gemuk juga menjadi anjuran utama syariat. Sapi yang gemuk pastinya akan memiliki jumlah daging yang lebih banyak, dan semakin banyak yang bisa dibagikan kepada masyarakat.

3. Kondisi Sapi Harus Sehat

Selain gemuk, sapi juga haruslah sehat. Untuk melihat apakah sapi ini sehat atau tidak bisa dilihat dari matanya yang cerah dan tidak berair. Hewan yang sehat juga bisa dilihat dari hidungnya yang basah dan berair.

Untuk melihat kesehatan sapi, juga bisa dari gerakannya yang lincah, memiliki nafsu makan yang baik, dan juga bulunya yang cerah. Selain itu, kotoran dari hewan ini juga harus normal, tidak mencret. Jika tidak bisa melihat kotorannya, bisa cek bagian lubang pengeluaran yang berwarna merah muda dan bersih.

4. Tidak Cacat

Memilih hewan kurban haruslah yang sempurna dan tidak cacat. Karena itu cek semua bagian tubuhnya apakah ada cacat atau tidak. Mulai dari mata, kaki, dan anggota badan lainnya.

Kriteria ini sangat penting agar sapi yang dikorbankan benar-benar hewan kurban yang sempurna. Karena hal ini juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

5. Bagan Telinga, Tanduk, dan Testis Sapi Sempurna

Kesempurnaan hewan kurban harus benar-benar diperhatikan, meskipun hal kecil seperti adanya tanduk yang patah. Anda harus tahu bahwa bagian-bagian lainnya seperti telinganya juga harus utus, juga testisnya masih normal.

Bagian-bagian tersebut jika tidak dalam kondisi sempurna, maka hewan yang dikurbankan bisa dihukumi makruh. Artinya pahala yang akan didapatkan bisa berkurang, dan mengurangi keberkahan dari nilai kurban yang Anda lakukan.

Di TanHub Anda bisa ikut berkurban dengan sapi terbaik. TaniHUb telah bekerjasama dengan para petani sapi terbaik di Indonesia. Daging sapi juga akan didistribusikan secara merata di hampir seluruh provinsi.

Jadi itulah kriteria sapi kurban terbaik yang harus Anda tahu. Pastikan bahwa kurban online yang Anda ikuti bisa memenuhi kriteria tersebut. Karena itu, ikuti kurban sapi di TaniHub sekarang juga.

By dewaweb