Soto Bangkong Khas Semarang5 Tempat Wisata Kuliner Enak dan Terkenal

Berbicara soal Tempat Wisata Kuliner memang serasa tidak ada matinya. Begitu juga dengan kota Semarang. Secara umum, pilihan Kuliner Semarang didominasi oleh berbagai masakan khas Jawa. Bagi Anda yang ingin merasakan sajian kuliner tradisional dalam balutan gemerlap kota, berikut ini adalah ulasan rekomendasi Tempat Wisata Kuliner Semarang yang wajib dicoba. Pada artikel ini akan dibahas 5 Tempat Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba di Semarang diantaranya: Tahu Gimbal, Mie Kopyok, Gulai Kambing Bustaman, Soto Bangkong serta Asem-asem Koh Liem. Kelima Tempat Wisata Kuliner ini akan ditampilkan juga dalam Google map sehingga Anda dapat dengan mudah mengetahui posisi Tempat Wisata Kuliner tersebut. Selain itu, ditampilkan juga lokasi Ahmad Yani International Airport, Terminal Bus Terboyo, Terminal Mangkang, Terminal Banyumanik, Terminal Cangkiran, Stasiun Besar Semarang Poncol dan Stasiun Semarang Tawang sehingga memudahkan Anda yang akan merencanakan perjalanan ke Tempat Wisata Kuliner tersebut. Anda juga langsung dapat mengecek harga dan membeli tiket pesawat dari kota asal Anda ke Semarang dan memesan voucher resort di Semarang pada halaman yang sama. Berikut 5 Tempat Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba di Semarang :

Tahu Gimbal Khas SemarangTidak sulit untuk menemukan menu Tahu Gimbal di Semarang, hampir di setiap wilayah di kota ini, ada yang menawarkan menu khas ini. Di sekitar taman KB ada beberapa pilihan Tempat Wisata Kuliner, salah satunya Tahu Gimbal Pak Edi yang ada di Jalan Mentri Supeno, Semarang, Jawa Tengah. Tahu Gimbal adalah kuliner khas Semarang. Satu porsi Tahu Gimbal berisi lontong, tahu goreng iris, gimbal udang, irisan kol mentah, telur ceplok dan krupuk udang, kemudian disiram bumbu kacang yang telah dicampur dengan petis udang. Setelah itu masih diberi kecap, taburan bawang merah goreng dan daun seledri. Ada juga yang menambahi taoge rebus dalam penyajiannya. Saos kacang dibuat sedikit kasar sehingga rasa kacangnya masih terasa. Gimbal adalah udang yang digoreng dengan menggunakan tepung. Hampir mirip dengan bakwan, tetapi lebih tipis dan tentunya lebih lebar karena udangnya tidak hanya satu. Gimbal udang tersebut yang menjadi ciri khas Tahu Gimbal ini dan yang membedakan dengan makanan yang hampir sejenis. Informasi lengkap tentang Tahu Gimbal dan video YouTube dapat dilihat di link ini.

Mie Kopyok Khas SemarangBagi Anda yang dulu lahir dan besar di kota Semarang, pasti sudah mengenal jenis makanan kaki lima yang satu ini, namanya Mie Kopyok. Mie Kopyok adalah salah satu Tempat Wisata Kuliner dari sekian banyak makanan khas Kota Semarang. Terkadang orang menyebutnya dengan sebutan mie lontong, tapi yang lebih populer adalah Mie Kopyok. Mie Kopyok kebanyakan dijajakan dengan gerobak keliling dari kampung ke kampung. Salah satu yang menjajakan Mie Kopyok adalah PAK DHUWUR (disebut Pak Dhuwur karena kata orang orangnya dhuwur alias tinggi). Kopyok dalam bahasa jawa berarti aduk. Jadi, Mie Kopyok artinya kurang lebih mie yang diaduk. Mie Kopyok berisi potongan lontong, mie dan tauge yang dicelup air panas mendidih, irisan tahu (tahu pong) kemudian ditambahkan bumbu air bawang putih. Kemudian ditaburkan irisan seledri dan bawang merah goreng. Bahan terakhir adalah krupuk karak/gendar (krupuk dari beras) diremas dan ditaburkan merata. Lalu ditambahkan kecap dan bagi anda penyuka pedas tersedia pula sambal. Informasi lengkap tentang Mie Kopyok dan video YouTube dapat dilihat di hyperlink ini.

Gulai Kambing Bustaman Khas SemarangRasa gulai ini terasa sangat lezat, sedap dan berbeda dengan gulai lainnya. Tempat Wisata Kuliner Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar terletak di kawasan Kota Lama Semarang. Tepatnya di Belakang Gereja Blenduk. Bustaman adalah sebuah kampung di Semarang yang terkenal sebagai pusat pemotongan dan pengolahan kambing. Di kampung Bustaman, sebagian warganya menggantungkan hidup dari usaha yang berkait dengan kambing. Gulai Kambing Bustaman memang berbeda dari gulai kambing kebanyakan. Jika biasanya gulai dimasak dengan menggunakan santan sehingga menghasilkan kuah kental gurih, ini tidak terjadi pada Gulai Kambing Bustaman. Kelapa tak dijadikan santan, namun diparut, disangrai kering kemudian ditumbuk halus bersama bumbu-bumbu lainnya. Hasilnya? Kuahnya bening segar dan akan membuat Anda ketagihan. Selain itu ada bumbu lain yang menjadi ciri khas, yaitu campuran berbagai macam rempah-rempah yang merupakan perpaduan resep Jawa dan Gujarat. Informasi lengkap tentang Gulai Kambing Bustaman dan video YouTube dapat dilihat di hyperlink ini.

Soto Bangkong Khas SemarangBerkunjung ke Kota Semarang jika tidak mampir di Tempat Wisata Kuliner Soto Bangkong terasa ada yang kurang. Karena Soto Bangkong memiliki khas rasa yang sudah melegenda, dengan semangkuk soto dengan aneka jenis aneka sate dan lauk lainnya membuat Anda merasa ketagihan. Soto Bangkong berada di Jalan Brigjen Katamso No. 1 Semarang. Soto Bangkong dihidangkan dalam mangkuk kecil namun tinggi seperti mangkok yang digunakan soto Kudus, hanya saja ukuran mangkuk Soto Bangkong sedikit lebih besar. Bau harum dari taburan bawang goreng yang tersiram kuah kaldu panas pasti menggugah selera siapa saja yang mencium. Soto ayam akan disajikan bersama irisan jeruk nipis dan irisan bawang. Soto ayam ini semakin nikmat saat disantap bersama lauk pendamping, di antaranya sate ayam, sate kerang, sate telur puyuh, sate tempe, sate perkedel dan krupuk. Informasi lengkap tentang Soto Bangkong dan video YouTube dapat dilihat di link ini.

Asem-asem Koh Liem Khas SemarangDi Semarang ada sebuh Tempat Wisata Kuliner yang kental citarasa Jawa, namun ada sentuhan kuliner Cina. Itulah Depot Asem-asem Koh Liem. Si empunya warung bernama Piek Swie Liem, akrab dipanggil Koh Liem. Depot Asem-asem Koh Liem berada di Jl. Karanganyar, Semarang. Lokasinya berdekatan dengan SMA Kolese Loyola Semarang. Warung langganan warga keturunan Tionghoa ini menyediakan lauk pauk gaya rumahan untuk menu sehari-hari. Ada bandeng sarden, kikil lombok ijo, dan cap jay. Nasi langgi, sayur bayam, lontong cap gomeh hingga gorengan juga ada. Gurihnya nasi langgi selalu bikin kangen. Lauknya ada kering kentang/tempe kentang, empal daging, telur bumbu terik dan telur dadar diiris tipis. Lengkap dengan sambal terasi serta lalapan timun kemangi. Yang jadi andalan di sini adalah asem-asemnya. Yaitu daging sapi yang dipotong dadu dimasak berkuah kecoklatan bening. Sesuai namanya, Asem-Asem Daging memiliki citarasa asam yang menyegarkan. Informasi lengkap tentang Asem-asem Koh Liem dan video YouTube dapat dilihat di link ini.

Pentunjuk Google Map: Klik kotak di kiri atas peta, akan muncul nama-nama tempat sesuai warna Pin, klik nama tempat atau Pin maka Google Map akan menampilkan penjelasan lebih rinci. Klik hyperlink KSMTOUR.COM pada penjelasan untuk informasi lebih lengkap. Klik tombol share di kanan atas untuk membagikan peta ke teman-teman kamu atau klik garis kotak untuk membesarkan peta.

Cek harga dan beli tiket pesawat dari kotamu ke tempat wisata ini, beli voucher hotel dengan harga terjangkau

Buat akun KSMTOUR.COM, jadilah anggota komunitas yang secara aktif menyebarkan informasi tentang keindahan Indonesia. Buat akun di sini.

By dewaweb