5 Wisata Kuliner Bandung Enak Dan Murah Tuk Puaskan Perut

Bandung dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang memiliki aneka kuliner sedap nan menggoda. Jika Anda sedang mampir ke Bandung, jangan lupa mengunjungi tempat wisata kuliner enak dan murah yang ada di sana. Kalau masih bingung harus ke mana, simak rekomendasinya di sini!

Berwisata ke suatu wilayah belum lengkap kalau belum mencicipi makanan khasnya. Apalagi kalau wilayah tersebut dikenal memiliki aneka tempat wisata kuliner yang enak dan murah, seperti Bandung misalnya.

Meskipun beberapa menunya bisa Anda temui di kota lain, rasanya belum tentu sama, lho. Apalagi ada beberapa masakan yang memang asli berasal dari Kota Kembang. Tentunya ada sensasi tersendiri yang bisa Anda rasakan saat mencicipi makanan tersebut di kota kelahirannya.

Kalau Anda masih bingung memilih ingin makan apa dan di mana, di sini sudah kami sediakan pilihannya. Ada kupat tahu yang pernah direkomendasikan oleh Ridwan Kamil, ada juga warung makanan khas Sunda yang pernah jadi langganan Bung Karno. Selain itu, masih ada tempat lain yang punya sajian yang tak kalah lezat.

Sebelum perut Anda keroncongan, lebih baik segera simak daftar rekomendasinya berikut ini. Semoga bisa membuat Anda semakin puas mengunjungi Ibu Kota Jawa Barat, ya!

1. Kupat Tahu Gempol
Sumber: Instagram – sivafauziah

Di Bandung, ada sebuah tempat wisata kuliner murah, enak, dan legendaris yang menjual kupat tahu sejak tahun 1965. Lokasinya ada di Jl. Gempol Kulon No. fifty three, karena itulah warungnya dinamai Kupat Tahu Gempol.

Bentuk warungnya sangat sederhana, bahkan tergolong sempit. Di sana hanya ada beberapa meja makan kecil yang bisa menampung sekitar 12 orang. Padahal pengunjungnya bisa jauh lebih banyak dari itu.

Meski baru dibuka pukul 06.00 WIB, dalam waktu 3 jam saja masakan bisa habis kalau pengunjung membludak. Pengunjung yang tidak kebagian meja pun harus rela duduk di kursi bakso tanpa meja atau membawanya pulang.

Tak hanya terkenal di kalangan masyarakat sekitar, makanan ini juga populer di kalangan pesohor dalam negeri. Wali kota Bandung , Ridwan Kamil, pernah merekomendasikannya sebagai kuliner yang harus dicicipi wisatawan jika berkunjung ke sana.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia ke-33, Rahmat Gobel, pun pernah minta dikirimi 50 porsi untuk dimakan di bandara. Sementara itu, Nuraini sang pemilik pernah diundang ke Singapura untuk mengenalkan masakan kebanggaannya di ajang World Street Food Congress 2015.

Di tahun 2018, Kupat Tahu Gempol telah membuka cabang di The Kiosk Dago dan Bandung Trade Mall. Tapi jika Anda ingin menikmati kelezatan makanan ini di tempat asalnya, Anda masih bisa datang ke Jl. Gempol Kulon.

Cukup dengan membayar sebesar sebesar Rp17.000, Anda sudah bisa menikmati seporsi kupat tahu. Sangat terjangkau, bukan?

2. Mie Kocok Mang Dadeng
Sumber: Instagram – herminanovida

Saat udara Bandung sedang dingin, cobalah menikmati kelezatan mie kocok yang bisa membantu menghangatkan tubuh Anda. Masakan ini sendiri berasal dari Bandung. Dinamai kocok karena dalam proses memasaknya, mie dikocok-kocok dalam wadah berlubang dan dicelupkan dalam air panas.

Di kota asalnya, Anda akan mudah menemukan penjual masakan ini di berbagai tempat. Namun, ada beberapa yang paling terkenal. Salah satunya adalah Mie Kocok Mang Dadeng yang sudah berdiri sejak tahun 1970-an.

Konon katanya, tempat yang sering dijadikan jujugan wisata kuliner Bandung murah ini menggunakan 27 macam bumbu rempah yang membuatnya terasa enak. Selain itu, kuah kaldu dimasak di atas arang agar aromanya tetap terjaga.

Penyajiannya pun terbilang berbeda dari tempat lain. Pasalnya, mie akan dihidangkan bersama sumsum sapi yang membuatnya semakin gurih. Terakhir, mie kocok diberi irisan kikil, taoge, selederi, daun bawang, bawang goreng, dan jeruk nipis.

Jika tertarik, Anda bisa datang ke kedainya yang terletak di Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan No. sixty seven, Turangga, Lengkong mulai pukul 09.00 WIB. Resminya, kedai ini tutup pukul 22.00 WIB sehingga cocok untuk Anda yang ingin wisata kuliner malam hari di Bandung.

Akan tetapi, kedai bisa tutup lebih cepat jika masakan yang disediakan sudah habis. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak datang terlalu malam untuk berjaga-jaga. Harganya sendiri tidak terlalu mahal, hanya Rp23.000 per satu porsi.

3. Seblak JEBRED BDG
Sumber: Instagram – seblakjebred

Datang ke Paris van Java belum lengkap kalau belum membeli seblak. Kuliner khas Bandung ini sebenarnya merupakan jajanan kaki lima yang murah meriah. Akan tetapi, seiring dengan popularitasnya yang meningkat, banyak juga kafe dan tempat makan fashionable yang menjajakan seblak sebagai menu utamanya.

Salah satu yang bisa Anda kunjungi adalah Seblak JEBRED BDG yang berlokasi di Jl. Buah Batu No. 163, Turangga, Lengkong. Mengklaim diri sebagai penjual seblak premium pertama di Kota Kembang, mereka menyediakan aneka seblak dengan berbagai pilihan topping.

Toppingnya tidak hanya yang biasa dijual seperti bakso, sosis, dan ceker. Ada juga yang luar biasa seperti jamur enoki, chrispy tofu, ekado, dan tulang rawan. Agar lebih mengenyangkan, Anda juga bisa menambahkan mie, udon, atau kwetiau ke dalamnya.

Tingkat kepedasannya sendiri dibagi dalam 5 degree. Bagi yang tidak suka pedas, pilihlah stage terendah. Sementara untuk yang suka menantang diri, Anda bisa memilih degree yang lebih tinggi.

Satu porsi seblak dibanderol seharga Rp18.000, sementara toppingnya bervariasi antara Rp3.000-Rp7.000. Tempat wisata kuliner Bandung yang enak dan murah ini juga menyediakan lesehan untuk Anda yang ingin makan lebih santai bersama sahabat atau keluarga.

four. Warung Nasi Bu Eha
Sumber: Instagram – kertaskartu

Dari luar, Warung Nasi Bu Eha mungkin terlihat seperti warung nasi biasa. Tapi siapa sangka, tempat makan Sunda yang sudah berdiri sejak tahun 1947 ini ternyata pernah menjadi langganan presiden pertama Republik Indonesia, Bung Karno.

Menurut sang pemilik, Bu Eha, dulu proklamator kemerdekaan Indonesia ini sering memesan pepes ayam dan ikan mas lewat istrinya, Inggit Garnasih. Inggit bahkan memberikan foto Bung Karno yang hingga tahun 2018 masih dipajang di warungnya.

Pepes ayam favorit Bung Karno dan pepes-pepesan lainnya memang menjadi salah satu masakan andalan warung ini. Selain itu, masih ada masakan khas Sunda lain seperti soto bandung, karedok, dan sambal dadak.

Meski pernah dibeli mantan orang nomor satu di Indonesia, bukan berarti Anda harus merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa makan di sini. Harganya masih terjangkau, sekitar Rp6.000-Rp40.000 untuk satu porsi tergantung lauk yang dipilih.

Lokasinya sendiri ada di dalam Pasar Cihapit, pasar tertua di Bandung. Meskipun di dalam pasar, tempatnya bersih dan rapi, kok. Cocok untuk digunakan sebagai tempat wisata kuliner Bandung yang murah dan enak bersama keluarga.

Jika ingin ke sana, hindari datang di hari Minggu karena hari itu warungnya tutup. Warung Nasi Bu Eha buka setiap Senin-Sabtu pukul 06.30-sixteen.00 WIB. Namun, usahakan datang sebelum jam 12.00 WIB karena setelah itu biasanya banyak lauk pauk yang sudah habis.

5. Yoghurt Cisangkuy
Sumber: Instagram – bastichendra

Di empat tempat wisata kuliner Bandung sebelumnya, Anda bisa mencicipi masakan yang enak dan murah. Sekarang, saatnya memuaskan dahaga Anda dengan minuman yang terkenal di Kota Kembang. Apalagi kalau bukan Yoghurt Cisangkuy yang berlokasi di Jl. Cisangkuy No. 66 Citarum, Bandung Wetan.

Kafe yoghurt ini sudah beroperasi sejak tahun 1976. Meski sudah lama, sang pemilik sepertinya pintar menyesuaikan kafenya dengan perkembangan zaman. Penataan tempat Yoghurt Cisangkuy bahkan tergolong modern dan cocok dijadikan tempat nongkrong bersama sahabat atau keluarga.

Sambil menikmati segelas yoghurt, Anda bisa menikmati asrinya pepohonan yang ada di taman. Ditambah lagi, ada fasilitas wifi free of charge yang akan membuat Anda semakin betah berlama-lama di sana.

Soal menu, yoghurt yang dapat Anda pilih ada dua macam, yaitu kental dan berbentuk seperti jus. Pilihan rasanya bervariasi, mulai dari stroberi, leci, anggur, nanas, cokelat, dll. Uniknya, setiap yoghurt ini dilengkapi dengan potongan buah segar di dalamnya.

Selain yoghurt, ada juga pilihan makanan yang siap mengganjal perut. Di antaranya seperti kentang goreng, nugget, sosis, sizzling dog, nasi goreng, gado-gado, dan bakso.

Untuk bisa meminum satu gelas yoghurt, Anda perlu membayar sekitar Rp20.000-an/gelas. Sementara itu, makanannya dihargai Rp25.000-Rp35.000/porsi.

Manjakan Perut lewat Wisata Kuliner Bandung yang Enak dan Murah
Saat berwisata ke Kota Kembang, ada baiknya bukan mata dan hati Anda saja yang dimanjakan. Puaskan juga perut Anda dengan menikmati hidangan yang ada di lima tempat wisata kuliner Bandung enak dan murah di atas.

Siapa tahu setelah mencicipinya, Anda mendapatkan ide untuk berbisnis kuliner serupa di daerah asal Anda. Bisa menjadi peluang mendapatkan penghasilan baru, bukan?