Ciamis, Inako

Soal wisata kuliner, Jawa Barat boleh dibilang adalah rajanya. Dan Ciamis, merupakan salah satu daerah di provinsi ini yang juga kaya akan wisata kuliner.

Sudah sejak lama, Ciamis terkenal dengan wisata kulinernya yang khas dan lezat. Karena itu, jika Anda berkunjung ke Ciamis, sayang jika ANda lewatkan destinasi wisata itu.

Terkait hal itu, berikut ini kami sajikan daftar wisata kuliner di Ciamis yang wajib Anda kunjungi saat berada di daerah itu:

1. Pindang Gunung

Pindang Gunung ini merupakan salah satu wisata kuliner atau makanan yang khas dan wajib dicoba kelezatannya kala berkunjung di Ciamis.

Kuliner yang satu ini berbahan dasar ikan dengan tambahan kuah diatasnya. Ketika mencicipi kuliner yang satu ini, dijamin kita akan ketagihan akan kelezatannya.

Bahan utama adalah ikan yang sering digunakan dalam makanan khas yang satu ini yaitu ikan kakap, kakap merah, tongkol, carwang dan mangmung. Bagi yang tertarik untuk mencicipi kelezatan kuliner yang satu ini, teman-teman dapat dengan mudah menemukan hidangan ini di berbagai tempat di Ciamis.

2. Galendo

Galendo merupakan makanan khas favorit dan populer di kalangan masyarakat Ciamis bahkan favorit hingga ke daerah sekitarnya. Rasa yang akan teman – teman dalam nikmati dalam makanan ini yaitu rasa yang gurih dan lezat. Makanan khas Ciamis yang satu ini dibuat dari sari pati kelapa atau santan kelapa yang diolah dari proses merebus hingga proses pembentukan minyak. Minyak yang muncul diatas menjadi minyak kelapa sedangkan endapan dibawah dikenal dengan nama Galendo. Nah, bagi yang berkunjung ke Ciamis, disarankan untuk mencicipi makanan khas yang satu ini.

3. Dendeng Sapi

Dendeng Sapi merupakan makan khas yang cara pembuatanya di potong tipis-tipis kemudian di bumbui dengan rempah yang selanjutnya di keringkan. Kelezatan makanan di Ciamis yang satu ini dijamin dapat membuat lidah kita. Lida terasa dimanjakan, apalagi ditambah dengan nasi putih.

four. Mie Golosor

Wisata kuliner di Ciamis yang wajib dicicipi kelezatanya selanjutnya yaitu Mie Golosor. Berbeda dengan mie pada umumnya, Kuliner yang satu ini bisa dikatakan terkesan licin saat di lidah namun sangat mudah untuk disruput. Nah, jika kita ingin mencicipi kelezatan Mie Golosor ini, kita juga dapat menambahkan sajian lainnya seperti mie goreng maupun mie berkuah.

5. Kecimpring

Yang terakhir yaitu Kecimpring. Kecimpring merupakan makanan khas Ciamis yang berasal dari singkong rebus yang ditumbuk terlebih dahulu dengan campuran bumbu yang sudah disiapkan. Bumbu tersebut terdiri dari cabai giling, sedikit garam dan juga bawang. Teman – teman dapat memilih beberapa varian rasa Kecimpring ini seperti rasa manis, asin, gurih, hingga pedas. Nah bagi Anda yang berkunjung ke Ciamis, Anda dapat membawa pulang Kecimpring ini sebagai oleh-oleh.

By dewaweb