6 Kuliner Cirebon Yang Bisa Kamu Coba Kelezatanya

Kuliner Cirebon – Kota Cirebon ini berada di kawasan jalur Pantura. Selain destinasi wisata alamnya, kota Cirebon pun terkenal dengan wisata kuliner khasnya yang lezat.

Kota Cirebon tergolong unik sebab terdapat percampuran budaya dunia. Terlihat dari banyaknya bangunan arsitektur negara Eropa yang bercampur dengan budaya Jawa dan Cina di kota ini.

Jika mampir ke kota Udang, wajib untuk mencicipi kuliner khasnya yang bikin pengen nagih loh!

Berikut ini kami rekomendasikan kuliner Cirebon yang dijamin kelezatannya :
1. Nasi Lengko Pagongan
Nasi Lengko Pagongan – foto ig @mietagtag

Di kota Cirebon terdapat makanan khas yang bukan berbahan dasar daging. Jadi, kuliner ini pas banget buat kalian yang vegetarian.

Nama makanannya adalah nasi lengko dan merupakan ciri khas dari kota Cirebon ini.

Makanan ini adalah nasi putih yang diberi tambahan pelengkap tempe goreng, tahu goreng, irisan daun kucai, bawang goreng dan kecambah rebus.

Kemudian, ditambah pelengkap kuah yang mirip kuah rujak. Wah, sudah terbayang pasti nikmat dan gurihnya nasi lengko ini.

Untuk menikmati hidangan nasi lengko yang nikmat, kalian bisa mampir ke Jalan Pagongan No.15B, Pekalongan, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

baca juga :

2. Mie Koclok Cirebon
Kuliner Cirebon, Mie Koclok – sumber: phinemo.com

Kuliner khas lain yang bisa kalian temukan di Cirebon adalah mie koclok. Salah satu tempat kuliner mie koclok yang terkenal di Cirebon adalah Mie koclok Masjid Merah.

Makanan ini adalah mie yang direbus dan ditambah dengan sayuran seperti tauge atau kol. Kemudian di atasnya disiram dengan kuah kental putih hangat seperti kaldu.

Untuk toppingnya, diberi suwiran daging ayam dan menambah cita rasa semangkuk mie koclok semakin sedap di lidah. Kuliner mie koclok yang lezat ini bisa kalian jumpai di Jalan Panjunan kota Cirebon.

three. Empal Asem Cirebon
Empal Asem Cirebon- sumber: kompas.com

Selain kuliner empal gentong yang terkenal di Cirebon. Di kota Udang ini juga ada kuliner empal asem.

Kuliner empal asem merupakan varian lain empal gentong, tetapi dimasak dengan bumbu bening dan lebih asam. Makanan ini juga terbuat dari olahan daging sapi.

Kalian pasti bisa membayangkan betapa lezat dan segarnya kuliner empal asem ini. Jika kalian ingin menikmati kuliner ini bisa datang ke Jalan Ir. H. Juanda No.37, Battembat, Kec. Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat.

4. Es Kopyor Cirebon
Es Kopyor Cirebon – foto ig @riderkulineran

Selain makanan, di Cirebon kalian juga bisa menemukan minuman yang segar. Namanya adalah es kopyor 4848. Wah, dilihat dari nama minumannya unik sekali ya?

Menu andalan di kedai ini adalah es kopyor yang disajikan dalam gelas besar. Kemudian, dicampur dengan sirup merah muda yang membuat es kopyor Cirebon ini bikin nagih.

Pasti akan segar sekali apabila minum es kopyor di saat cuaca Cirebon tengah panas.

Untuk bisa mencicipi es kopyor 4848 kalian bisa datang ke Jalan Karanggetas No.9, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat.

5. Tahu Gejrot Cirebon
Tahu Gejrot Cirebon – foto ig @tahu.gejrot_cirebon

Tahu gejrot adalah salah satu kuliner yang bisa ditemukan dimanapun selain di Cirebon. Makanan ini terbuat dari tahu goreng dan ditambah kuah manis.

Tahu gejrot adalah kuliner yang mudah meraciknya. Kalian cukup mengerus bawang merah dan putih, gula merah dan diberi sedikit garam.

Lalu, bumbu yang sudah ditumbuk tadi dituang air gula sebagai kuah manisnya. Setelah itu, barulah dimasukan tahu yang sudah digoreng dan diaduk hingga rata.

Biasanya tahu gejrot juga diberi cabai rawit agar ada sensasi pedasnya. Tidak sulit menemukan pedagang tahu gejrot ini di pinggir jalan atau di pusat perbelanjaan di kota Cirebon.

6. Docang
Kuliner Cirebon, Docang – sumber: kompas.com

Kuliner khas Cirebon yang terakhir adalah Docang. Makanan ini mempunyai rasa unik dan disajikan dengan kuah yang khas sekali loh. Docang terbuat dari lontong yang dicampur dengan daun singkong, tauge dan parutan kelapa.

Kemudian, bahan-bahan tersebut akan disiram dengan kuah panas. Kuahnya sendiri terbuat dari bumbu rempah pilihan ditambah dengan tempe bungkil atau oncom.

Sajian kuliner docang yang lezat dan paling terkenal adalah Docang Khas Cirebon Ibu Wiwi, Jalan Ksatria Nomor 95, Cirebon.

**

Itulah Tadi Beberapa Daftar Kuliner Cirebon Yang Bisa Kamu Coba Kelezatanya.

Sebenarnya Masih Banyak Lagi Menu Atau Kuliner Unik Lainnya Di Cerebon Mengingat Cirebon Adalah Kota Wisata Kuliner Dan Wisata Budaya Yang Sudah Mendunia.