7 Cara Memilih Software Akuntansi yang Tepat untuk Bisnis

Setiap tahunnya, perkembangan teknologi informasi seolah tak terbendung. Seperti halnya pada bidang komputer yang selalu mendapat inovasi, baik dari hardware maupun software. Dan salah satu inovasi yang saat ini cukup populer dan banyak digunakan adalah software akuntansi. Software ini merupakan jawaban untuk memeunih kebutuhan perusahaan dan para akuntan untuk mengelola data keuangan dengan lebih efisien.

Software akuntansi yang sekarang beredar di pasaran juga memiliki berbagai fitur pendukung. Sehingga apabila Anda ingin menggunakannya, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dan untuk itu, kami akan memberi beberapa tips memilih software akuntansi yang tepat untuk bisnis Anda, berikut ulasannya:

Perhatikan Tingkat Keamanan Data

Apabila Anda ingin menggunakan program akuntansi, maka Anda juga harus memastikan jaminan keamanan datanya. Tanyakan kepada developer penyedia software apakah data tersebut sudah terjamin keamanannya, baik dari pembobolan data secara offline maupun online.

Memilih Software Online atau Offline

Software akuntansi yang beredar saat ini terdiri dari dua basis sistem, yaitu software yang digunakan secara online atau offline. Apabila Anda memilih software offline, maka Anda harus memasukkan data tersebut langsung dari komputer pusat yang terintegrasi dengan sistem program. Berbeda dengan software online yang bisa Anda kendalikan dari mana saja asalkan memiliki kode aksesnya.

Tentunya dari segi efisiensi, software online menjadi pilihan yang tepat. Hanya saja untuk harganya memang lebih mahal.

Fitur Back Up Data

Seluruh laporan keuangan umumnya akan lebih sering diakses dengan menggunakan Microsoft Excel. Dan Anda sebaiknya memilih software akuntansi yang menyediakan layanan fitur impor dan ekspor data berupa excel. Hal ini berfungsi untuk memastikan keamanan data apabila secara tak terduga ada bug atau kesalahan sistem pada software.

Kemudahan Akses

Perlu diketahui bahwa antara satu vendor penyedia software akuntansi dengan vendor lainnya memiliki sistem pengoperasian dan tampilan antarmuka yang berbeda. Dan sebaiknya Anda memilih software dengan tampilan yang simpel sehingga mudah dipahami. Karena software ini pada dasarnya diciptakan untuk memudahkan para akuntan ataupun orang yang tidak memiliki basic akuntansi. Sehingga Anda pun dapat mengoperasikannya dengan baik walaupun tidak terlalu memahami dunia akuntansi.

Layanan Customer Support

Hal yang penting namun sering terlupakan adalah memperhatikan dukungan customer support. Apabila Anda baru ingin menggunakan software ini, maka pastikan vendor penyedia program juga memberi layanan customer support yang memadai. Karena pada awal pemakaian tak jarang Anda membutuhkan bantuan untuk mengatasi kendala pengoperasian.

Memastikan Biaya Tambahan

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih software akuntansi dari salah satu vendor, sebaiknya Anda menanyakan apakah akan ada biaya tambahan di kemudian hari. Karena di beberapa pengalaman, ada software yang menuntut penggunanya untuk mengeluarkan biaya tambahan agar bisa menikmati layanan atau fitur lainnya.

Sesuaikan Ketersediaan Fitur dengan Kebutuhan

Agar Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak, pastikan Anda mengetahui betul apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Karena saat ini software akuntansi memiliki beberapa fitur dan layanan, mulai dari mengelola data utang piutang, pajak, faktur, neraca saldo, laporan, dan lain sebagainya.

Sedangkan semakin banyak fitur yang ada, maka semakin mahal pula harga software itu. Sehingga akan lebih baik jika Anda memilih software yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Demikianlah ulasan yang bisa kami bagikan untuk Anda. Semoga tips memilih software akuntansi yang tepat ini bisa memudahkan Anda dalam mengambil keputusan dan memilih vendor penyedia layanan yang terbaik.

Tips Pilih Vendor Layanan Developer Software Akuntansi

Agar kegiatan pembukuan atau akuntansi pada perusahaan berjalan dengan baik, Anda juga harus memperhatikan dalam pemilihan vendor softwafe akuntansi yang akan digunakan. Berikut ini beberpaa tipsnya. 

  • Kemudahan dalam mengakses

Setiap layanan/vendor developer software akuntansi tentu saja memiliki berbagai tampilannya sendiri-sendiri. Sebagai pengguna software tersebut, Anda harus mampu memilih software yang memiliki kemudahan dalam akses agar dapat digunakan dengan lancar dengan baik dan mudah oleh seorang akuntan bahkan yang tidak memiliki basic akuntan. 

  • Keamanan Data

Keamanan data menjadi pertimbangan utama Anda memilih produk berbasis software. Begitupula dengan pemilihan software akuntansi yang akan digunakan, tanyakan secara detail dan jelas pada developer mengenai keamanan data dari pembobolan online atau offline. 

  • Terdapat Fitur Back Up Data

Tips selanjutnya dalam memilih vendor software akuntasi adalah adanya fitur back up data. Ini karena umunya seluruh laporan keuangan akan lebih sering diakses dengan Microsoft excel sehingga Anda sebaiknya memilih software akuntansi yang menyediakan layanan fitur ekspor impor data berupa excel. 

  • Adanya Customer Support 

Ketika pertama kali menggunakan software akuntansi, tentu saja tim dan Anda masih memerlukan beberapa bantuan terkait software akuntansi tersebut, nah saat akan memilih vendor pastikan Anda memilih vendor yang cukup melayani Anda dengan baik dan mampu memberikan layanan customer support. 

Itulah pembahasan mengenai apa itu software akuntansi dan berbagai manfaat dan fitur yang wajib dimiliki. Tak hanya itu, sebelum memutuskan menggunakan software akuntansi dan memilih pihak ketiga sebagai penyedia layanan, ada baiknya untuk mempertimbangkan berbagai aspek agar mendapatkan vendor yang terbaik. 

Salah satunya yang ditawarkan dari Jurnal yang akan membantu Anda mengontrol perusahaan dengan mudah. Untuk itu, Jurnal hadir sebagai pengembang produk accounting software terbaik yang memberikan solusi untuk membantu mengontrol kegiatan akuntansi dalam perusahaan Anda. Dapatkan gratis akses 14 hari dengan mengaksesnya melalui link berikut ini https://www.jurnal.id/id/sistem-akuntansi/