7 Daftar Kuliner Bandung Terenak, Dari Kaki Lima Hingga Restoran

7 Daftar Kuliner Bandung Terenak, Dari Kaki Lima Hingga Restoran | Sebagai kota yang menjadi destinasi favorit bagi warga jakarta yang ingin minggir sejenak dari padatnya aktivitas perkotaan, Bandung tak hanya menyajikan suasana alam sejuk, namun juga dicintai karena memiliki tempat kuliner yang enak sehingga patut menjadi destinasi wajib bagi pecinta kuliner.

Jadi, sembari liburan ke bandung sambil menikmati berbagai macam atraksi wisata, kamu juga bisa sekalian berwisata kuliner di bandung. Nah, bagi kamu yang punya rencana ke bandung dalam waktu dekat, berikut ini daftar rekomendasi kuliner bandung terenak yang wajib kamu cicipi.

Iga Bakar Si Jangkung
Sumber: makanwee.blogspot.com

Kulineran di Kota Kembang tidak lengkap rasanya kalau belum mencicipi Iga Bakar Si Jangkung. Berada di tepi jalan utama dengan ciri khas lokasi yang memiliki dinding dengan dominasi warna cat hijau, menjadikan Iga Bakar Si Jangkung mudah untuk ditemukan. Iga bakar di warung tenda milik Bapak Haryanto ini terasa berbeda dari iga bakar di tempat lain, karena rasa rempah-rempahnya yang kuat sehingga lezatnya tak akan terlupakan, plus dagingnya juga tidak berbau amis. Karena melewati proses memasak yang cukup lama, iga bakar di sini pun terasa sangat empuk.

Nasi Campur 88
Sumber: qraved.com

Nasi Campur 88 bisa disebut sebagai kuliner legendaris di Kota Bandung. Bila ingin menyantap makanan ini, kamu harus rela antre cukup lama terlebih dahulu. Bahkan, ada nomor antrean yang akan diberikan kepada pengunjungnya lho. Nasi campur di sini terkenal dengan porsi besarnya dengan rasa yang nikmat. Hidangan ini terdiri dari nasi, bakso goreng, cha siu, kekian, kuah sup, telur, dan timun. Melihat dari isiannya, menu di tempat ini sudah pasti non halal, ya!

Bakmi Linggarjati
Sumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

Ke Alun-Alun Bandung kurang lengkap kalau belum mampir ke Bakmi Linggarjati yang menyajikan aneka menu mie. Kamu bisa memilih jenis mie sesuai dengan yang diinginkan, seperti menu Yamin Manis atau Yamin Asin. Sebagai tambahannya kamu bisa memilih bakso, kikil, ayam, atau babat yang disajikan bersama kuah hangat.

Mie di sini terkenal kenyal, tipis dan lembut serta porsinya yang cukup besar. Saat berada di tempat ini, jangan lupa untuk memesan es alpukat “Linggarjati” yang tidak kalah populernya di kalangan para pemburu kuliner enak. Minuman ini menggunakan buah alpukat yang dihaluskan guide dan disiram dengan gula Jawa.

Lotek Kalipah Apo
Sumber: yandex.com

Konon katanya, lotek di Lotek Kalipah Apo ini adalah yang terbaik di Kota Kembang lho. Sajiannya terdiri dari kol, tauge, kacang panjang, kangkung, nangka muda, tempe, lontong, dan bayam yang disiram dengan saus kacang. Saus kacang di sini terkenal sangat halus dan kental, sampai kamu tidak bisa merasakan butiran kasar kacangnya. Rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi, manis gurih, dan aroma kencurnya yang terasa begitu kuat. Itulah alasan yang membuat Lotek Kalipah Apo sayang untuk dilewatkan dalam wisata kuliner Bandung.

Nasi Kalong
Sumber: qraved.com

Lapar saat tengah malam? Kalau bosan cari makan nasi goreng, mendingan kamu langsung datang saja ke Kedai Nasi Kalong! Kedai ini dinamakan Nasi Kalong karena jam bukanya yang dimulai saat malam hari. Tempat ini terkenal dengan beragam menunya yang variatif dan bisa dipilih sesuai keinginanmu.

Tersedia juga nasi merah bagi kamu yang sedang food plan. Selain itu, pilihan lauk yang disajikan sengaja ditata sedemikian rupa dengan konsep prasmanan. Ada ayam, aneka sayur, daging, telur, sampai udang. Karena hanya bisa melakukan pembayaran secara money, jadi pastikan saja bawa uang tunai ketika datang kesini.

Nasi Timbel Bawean
Sumber: lifestyle.okezone.com

Sebagai salah satu masakan khas Sunda, Nasi Timbel adalah ikon kulliner yang wajib masuk ke dalam daftar kuliner enak Bandung milikmu. Penyajian porsi Nasi Timbel Bawean dilengkapi beberapa lauk pendamping, seperti leunca, ayam goreng, ikan asin, tahu goreng, pepes peda, dan tentu saja harganya terjangkau. Lebih menarik karena tempat ini menyediakan free of charge teh tawar bagi pengunjungnya.

Mie Kocok Mang Dadeng
Sumber: resepkoki.id

Kebanyakan orang pasti sudah tahu kalau mie kocok adalah kuliner khas Bandung. Salah satu kedai terbaik di kota ini adalah kepunyaan Mang Dadeng yang konon resepnya didapat secara turun temurun dari orangtuanya. Tidak tanggung-tanggung, Mie Kocok Mang Dadeng menggunakan 27 macam rempah-rempah lho. Uniknya, mie kocok special di tempat Mang Dadeng ini disajikan menggunakan sum-sum sapi. Porsi umumnya memang besar, tapi Mang Dadeng juga bisa melayani mie kocok particular setengah porsi saja kok.

Itulah rekomendasi kuliner Bandung yang sayang untuk dilewatkan. Selain daftar di atas tentu masih banyak lagi kuliner bandung terenak yang bisa kamu coba, seperti Restoran Sangkuriang. Jadi, tidak ada salahnya kalau kamu bermalam beberapa hari di bandung, karena satu hari saja pasti tidak cukup untuk menicicipi semua jenis makanan disana. Bila kamu punya rekomendasi kuliner atau tempat makan unik dan menarik untuk dikunjungi, catat yuk di komentar!