Apa Saja Hal yang Dilakukan untuk Mengobati Asam Lambung yang Naik?

 

Saat ini ada banyak orang yang mengalami asam lambung naik atau yang dikenal dengan nama gastroesophageal reflux disease (GERD). Penyakit asam lambung terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah atau otot LES tidak bisa berkontraksi dengan baik atau dikatakan melemah. Sehingga, otot LES tersebut tidak bisa menutup saluran kerongkongan secara sempurna ketika makanan turun ke lambung. Hal inilah yang membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Naiknya asam lambung dapat menyebabkan berbagai macam kondisi atau gejala. Apabila hal tersebut tidak ditangani dengan baik, penyakit asam lambung dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih serius. Oleh karena itu, menjadi sangat penting bagi masyarakat untuk mengetahui gejala dan cara mengatasi asam lambung naik sebelum keadaannya fatal.

Ada beberapa gejala yang timbul saat asam lambung naik. Salah satunya adalah adanya perasaan terbakar di dada yang dikenal dengan nama heartburn. Gejala ini umumnya timbul selama dua kali dalam seminggu. Selain itu, beberapa orang juga akan mengalami gejala lainnya seperti mual, muntah, sendawa, batuk, tenggorokan terasa serak, mudah kenyang, dan rasa asam di sekitar bagian belakang mulut. Gejala tersebut seringkali muncul saat malam hari. Selain itu, posisi membungkuk dan berbaring atau sesudah makan membuat gejala yang dirasakan akan semakin parah.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, asam lambung yang naik memungkinkan terjadinya beberapa macam komplikasi yang jika dibiarkan akan membahayakan. Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat mengetahui beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi asam lambung naik sebelum terlambat. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung yang naik pada keadaan ringan adalah dengan meminum beberapa obat herbal. Penderita asam lambung bisa mengkonsumsi jahe yang dibuat menjadi minuman hangat. Hal ini dikarenakan jahe memiliki kemampuan anti inflamasi alami serta mampu mengobati beberapa masalah pencernaan lain. Sehingga, cocok dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Obat herbal lainnya yang bisa dikonsumsi adalah Teh chamomile sudah sering digunakan untuk meredakan nyeri perut dan ulu hati, mual dan muntah, serta secara tradisional dipercaya dapat mengatasi susah tidur. Ramuan herbal tersebut mungkin dapat menjadi cara alami dan efektif untuk mengurangi gejala GERD. Obat herbal lainnya yang bisa dikonsumsi adala teh chamomile. Teh ini memiliki khasiat untuk mengurangi gejala yang terjadi pada penderita asam lambung. Selain itu, teh ini juga bisa membantu penderita asam lambung untuk tidur lebih nyenyak.

Selain mengkonsumsi beberapa obat herbal tersebut, cara lain yang bisa dilakukan untuk mengobati asam lambung yang naik adalah dengan melakukan gaya hidup sehat. Penderita asam lambung dapat mengkonsumsi beberapa makanan yang baik untuk lambung seperti kentang, mentimun, asparagus, buncis, brokoli, dll. Selain itu, mereka juga bisa mengkonsumsi roti gandum dan oatmeal sebagai sumber karbohidrat. Penderita asam lambung juga bisa mengkonsumsi daging yang rendah lemak seperti ikan, ayam, dan makanan laut. Untuk menunjang kebutuhan vitamin, mereka bisa mengkonsumsi buah – buahan yang tidak memiliki kandungan asam yang tinggi seperti pisang dan melon.

Cara lain untuk meringankan asam lambung adalah dengan berhenti mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat meningkatkan asam lambung seperti kopi, minuman bersoda, dan makanan pedas. Selain itu, penderita asam lambung juga sebaiknya tidak merokok dan memiliki waktu istirahat yang cukup sekitar 7 hingga 9 jam setiap harinya.