Beragam Manfaat Tomat Cherry untuk Kesehatan

 

Tomat mempunyai banyak jenis yang ada di pasaran, sehingga Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Setiap jenis tomat mempunyai warna, bentuk, manfaat, dan kandungan yang berbeda. Jenis tersebut mulai dari tomat ceri, tomat roma, better boy, tomat san marzano, black krim, gardeners’s delight, early girl, dan masih banyak lainnya. Salah satu jenis tomat yang bisa dipilih dan ditemukan di pasaran dengan mudah adalah tomat cherry. Tomat jenis ini mempunyai kandungan beragam mulai dari protein, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan masih banyak lainnya. Kandungan tersebut tentunya dapat memberikan beragam manfaat kesehatan yang akan dijelaskan di bawah ini.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Kanker

Penyakit kritis yang ditakuti oleh semua orang seperti kanker dan jantung bisa dicegah dengan menjaga kesehatan dan pola hidup sehat. Salah satunya adalah dengan menggunakan manfaat dari tomat cherry yang mempunyai kandungan vitamin A, vitamin C, likopen, dan juga antioksidan fenolik. Seperti yang banyak diketahui antioksidan dapat menghambat paparan radikal bebas yang merusak sel tubuh sehingga memicu kanker. Buah tomat cherry ini juga dapat menjaga kolesterol sehingga mencegah penyakit kanker hingga jantung.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat mengonsumsi tomat cherry selanjutnya adalah bisa menurunkan tekanan darah. Tomat jenis ini mempunyai kandungan kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan lebih baik. Selain itu, kalium juga dapat merangsang pengeluaran natrium dari tubuh dan tekanan pembuluh darah. Manfaat kalium dalam buah tomat cherry ini kandungannya sedang, akan tetapi tetap mencukupi 10% kebutuhan kalium seharinya. Sedangkan untuk jenis buah lainnya yang mempunyai kandungan kalium yang banyak dan juga membantu menurunkan tekanan darah adalah buah pisang.

Menurunkan Berat Badan

Untuk dapat membantu menjaga kesehatan dan terhindar dari banyak penyakit, salah satu cara yang dapat diandalkan adalah dengan mempunyai berat badan seimbang atau ideal. Sehingga bagi yang mempunyai berat badan ideal dapat untuk menurunkan berat badan dengan mengonsumsi buah dan sayur yang membantu tujuan tersebut, termasuk juga tomat cherry. Buah ini mempunyai kandungan serat yang kaya dan sedikit kalori. Kandungan tersebut membantu untuk membuat kenyang lebih lama sehingga membantu bagi yang ingin diet dan menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat ini, tomat cherry ini bisa dimakan secara langsung atau bisa dibuat campuran salad yang enak dan dikonsumsi selama diet.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat terakhir dari tomat cherry yang bisa didapatkan adalah dapat menjaga kesehatan kulit. Buah ini mempunyai kandungan vitamin C dan beta karoten lebih banyak dibandingkan jenis tomat lainnya. Sehingga hal tersebut dapat membantu merangsang pembentukan kolagen untuk dapat menjaga kelembaban kulit. Beta karoten yang ada di dalam kandungannya juga dapat untuk mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut tidak hanya dengan mengonsumsi buah tomat cherry, tetapi juga bisa membuatnya menjadi masker untuk menjaga kesehatan kulit.

Manfaat buah tomat cherry yang beragam dari menjaga kesehatan tubuh hingga kulit tersebut dapat menjadi motivasi untuk rajin mengonsumsinya. Mendapatkan tomat cherry juga mudah yaitu di supermarket atau cara lainnya dengan membeli secara online di TaniHub. Selain tomat cherry, TaniHub juga menyediakan jenis tomat lainnya yang bisa dipilih tergantung kebutuhan. Seperti tomat twtomat beef, tomat hijau, dan masih banyak lainnya dengan harga terjangkau.