Menjalankan bisnis tidak hanya tentang bagaimana mendapat keuntungan secara maksimal tetapi juga tentang manajemen berbagai hal di dalamnya. Salah satu hal paling penting adalah memastikan sumber daya yang dimiliki selalu tersedia keberadaannya di gudang. Tidak heran jika pengusaha seringkali memerlukan software stok gudang.

Pentingnya Pencatatan Stok Barang

Penentuan stok barang yang ada dilakukan dengan membaca bagaimana keadaan pasar serta arus masuk serta keluarnya barang. Pencatatan bisa dilakukan dengan mudah sehingga pemantauan terhadap keuangan nantinya juga mudah dilakukan.

Disebut juga dengan nama Warehouse Management Software, program satu ini bisa membantu pengusaha dalam melihat keadaan barang di gudang. Berbagai kegiatan mulai dari membeli barang, penjualan, dan pencatatan sisa ketersediaan suatu barang bisa dilakukan.

Manfaat Software Stok Gudang untuk Usaha

Berdagang menggunakan teknologi sudah pasti akan memberi banyak kemudahan nantinya. Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari perangkat lunak ini yaitu:

1. Mengoptimalkan Pengaturan Stok

Menggunakan perangkat lunak satu ini bisa memberikan visibilitas lebih terukur dan nyata kepada penggunanya. Pengguna bisa dengan mudah melihat bagaimana tersedianya suatu barang secara real time tanpa perlu melakukan pengecekan manual ke gudang. Program secara otomatis akan mencatat penjualan dan mengurangi jumlah barang yang ada di gudang.

2. Menjaga Hubungan dengan Supplier

Ketika terjadi kesalahan dalam mencatat ketersediaan barang, seringkali terjadi masalah dengan supplier apalagi jika stok awal di gudang tidak tercatat. Seorang pedagang yang baik harus mengetahui kapan Ia akan menerima kiriman dari supplier serta seberapa banyak barangnya. Perangkat lunak ini bisa membantu memantau jumlah barang baru yang masuk.

3. Memudahkan Produksi

Produksi barang tidak bisa dilakukan ketika stok bahan baku yang dimiliki tengah kosong atau tidak tersedia. Hal ini seringkali menjadi penghambat bagi pengusaha untuk bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak. Manajemen gudang memakai aplikasi bisa digunakan untuk memantau keadaan pelanggan hingga menentukan penambahan persediaan.

4. Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Seorang pelanggan akan merasa kesal jika stok suatu barang yang diinginkannya terus-menerus kosong akibat tingginya permintaan. Hal ini seharusnya bisa dicegah oleh pengusaha dengan menentukan pengiriman stok gudang lebih cepat untuk mencegah kosongnya stok. Informasi dari software stok gudang bisa dipakai dalam penentuan pengisian ulang stok.

5. Berkurangnya Human Error

Pencatatan yang dilakukan oleh manusia seringkali tidak terlepas dari berbagai kesalahan pemantauan ataupun penulisan sisa stok. Hal ini tentu saja bisa memiliki pengaruh besar bagi sebuah perusahaan karena berkaitan dengan keuangan perusahaan. Sistem komputasi dari software bisa melakukan pencatatan lebih teliti dan lebih baik dari manusia.

6. Mengurangi Pekerjaan Admin

Menjadi seorang admin sering terasa melelahkan akibat banyaknya tugas manual yang harus dikerjakan. Keberadaan software stok gudang ini bisa membantu melakukan perubahan pada stok sesuai dengan transaksi yang ada secara otomatis. Efeknya adalah admin tidak perlu lagi pergi ke gudang setiap hari untuk mengecek keberadaan stok di sana.

7. Mempercepat Pengambilan Keputusan

Tidak semua barang yang dijual punya tingkat keuntungan yang sama bergantung pada pembelian pelanggan. Ini tentunya akan berpengaruh pada pengisian ulang stok barang dan seberapa banyak suatu barang akan dibeli. Software ini bisa membantu mengetahui mana barang dengan traffic tinggi untuk mengatur waktu pembelian dan jumlahnya.

Ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan software stok gudang untuk sebuah perusahaan. Berbagai keputusan dan juga kegiatan di gudang bisa dilakukan lebih efisien dengan memperhatikan bagaimana statistik arus barang.

By dewaweb