Selain bersama teman, menghabiskan waktu bersama keluarga juga dapat membantu seseorang keluar dari permasalahan stressnya. Keluarga sendiri merupakan tempat pulang di saat kepenatan melanda. Ada banyak sekali cara yang bisa dibentuk dari family moment. Orang yang sering menghabiskan waktunya bersama keluarga, cenderung memiliki perasaan yang tenang saat berada di rumah.

Hal inilah yang menjadi sorotan penilaian keharmonisan sebuah keluarga. Tidak hanya cara membangun keharmonisan, momen bersama keluarga juga membawa manfaat atau nilai yang banyak bagi kehidupan. Apalagi bagi tumbuh kembang anak, semakin bagus momen keluarganya semakin bagus pula perkembangan si anak.

Apa Saja Manfaat Family Moment?

Momen yang tercipta bersama keluarga, ternyata membawa manfaat yang sangat bagus. Manfaatnya juga ada beraneka ragam. Untuk Anda yang penasaran, berikut ini beberapa poin penjelasan dari manfaat bersama keluarga:

1. Refreshing Mental dan Jiwa

 

Keluarga mempunyai ikatan yang lebih besar dalam mencipta kondisi refresh tubuh dan mental, dibandingkan seorang teman. Dengan membiasakan melakukan banyak momen bersama keluarga, maka hal tersebut bisa jadi ajang merefresh otak dan mental dari tekanan di luar rumah.

Tidak heran jika orang yang dekat sekali dengan keluarganya, dominan lebih sulit stress dibandingkan orang yang jauh dari keharmonisan keluarga. Bentuk refreshing ini juga ada beraneka ragam. Mulai bermain bersama keluarga, liburan ke wahana tertentu, makan bersama, dan hal-hal sederhana lainnya.

2. Memberi Pendidikan Lebih Dekat

 

Anak yang tumbuh jauh dari keluarga, cenderung akan kurang wawasannya. Meskipun hanya kegiatan berkumpul bersama, namun kegiatan ini dipercaya dapat jadi ajang mendidik. Ajang mendidik bisa Anda lakukan setiap saat bertemu.

Sebagai orang tua juga harus punya pengertian yang luas terkait pemberian pendidikan dengan cara terdekat bersama keluarga.

3. Menciptakan Kenangan Indah

 

Meskipun hanya sebuah kenangan, namun hal tersebut bisa berpengaruh terhadap mental dan kesehatan jiwanya. Momen atau kenangan indah bersama keluarga, akan membantu anak berkembang jadi pribadi yang selalu positif.

Berkumpul bersama semua anggota keluarga, secara tidak langsung bisa menciptakan momen kenangan. Entah itu momen bahagia maupun sedih. Kenangan tersebut kelak dapat berpengaruh terhadap masa dewasa anak ketika sedang jauh dari keluarga.

4. Merekatkan Hubungan Antar Anggota Keluarga

 

Meskipun namanya sudah keluarga, namun jika keterikatan itu tidak dibangun maka akan sia-sia. Pribadi yang jauh dari anggota keluarga akan lebih sulit beradaptasi dan berkomunikasi dengan anggota keluarganya.

Sebaliknya jika hubungan ikatan keluarga sudah dibangun sejak dini, maka hal ini akan menciptakan pribadi yang jauh lebih unggul dan berkualitas dalam banyak hal. Kerekatan hubungan antar keluarga juga bisa menciptakan keharmonisan keluarga.

5. Kontrol Orang Tua Jadi Lebih Mudah

 

Keluarga yang senantiasa dekat satu sama lain, akan memiliki jiwa yang luas. Bahkan secara tidak langsung juga menjadi kesempatan orang tua untuk selalu mengawasi atau mengontrol anak. Sebaliknya jika anak jauh dari ikatan keluarga, maka kontrol akan semakin sulit karena anak yang menjauh dari momen berkumpul keluarga.

Jangan heran dengan tipe anak yang suka berontak, mereka biasanya tumbuh dalam keluarga yang kurang dekat dan cenderung jauh dari hubungan keluarga.

Family moment memang punya peran yang sangat penting bagi perkembangan mental dan fisik. 5 manfaat yang sudah disebutkan di atas, bisa jadi acuan untuk Anda agar selalu menyempatkan waktu untuk momen keluarga. Bersama membangun keluarga yang harmonis, dengan momen bersama keluarga.

By dewaweb