SERBA-SERBI SEPUTAR AKUN PEMBELI PADA PADI UMKM YANG WAJIB DIKETAHUI

PaDi UMKM adalah sebuah platform digital yang mempertemukan UMKM dan BUMN dengan tujuan jual barang dan jasa BUMN lebih optimal untuk ditemukan dan mempercepat efisiensi transaksi belanja BUMN pada UMKM.

Beberapa pertanyaan dari akun pembeli masih perlu diperjelas agar semua perlu tahu Langkah tepat dalam mengakses Pasar Digital inisiasi KBUMN ini. PaDi UMKM sebagai platform digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini, ingin mempertemukan BUMN dan UMKM agar terciptanya transparansi dan pembelian pasti dengan penjual terverifikasi.

Pembeli juga perlu tahu, bagaimana jika proses pembayaran tidak terflagging pada system dan apa solusi terbaik yang harus dilakukan. Agar mengurangi kesalahan atau data error, pembeli perlu hubungi customer service dengan menyertakan nomor transaksi serta bukti bayar agar di laporkan kepada pihak payment gateway untuk di cek status dana nya. Namun, jika pembeli belum mengetahui bagaimana cara cek status transaksi maka pembeli bisa lakukan ini, Log in di akun buyer dengan emai dan password yang terdaftar, lalu Klik dropdown profile akun dan selanjutnya Klik menu transaksi terakhir Klik menu daftar transaksi.

Untuk pembeli yang merasakan kendala pada ongkos kirim yang tidak sesuai, baiknya silakan hubungi customer service Kami untuk pelaporan ketidaksesuaian ongkos kirim dengan menyertakan link produk nya, agar di bantu pengecekan terkait berat , volume dimensi produk yang di unggah oleh UMKM , jika terdapat ketidaksesuaian maka akan di proses perbaikan terlebih dahulu sebelum di lakukan pembelian.

Untuk pembeli yang merasa pesanan harus tepat sampai sesuai dengan waktu yang ditentukan tetapi penjual begitu tidak responsive dalam penanganan data maka pembeli dapat lakukan untuk segera hubungi customer service Kami untuk membantu Anda dalam mengingatkan penjual agar segera memproses pesanan sesuai dengan batas waktu yang telah di tentukan, Jika pejual tidak juga memproses pesanan maka pesanan akan Kami bantu pembatalan , untuk pembayaran yang dilakukan di depan maka customer service Kami akan konfirmasi kelengkapan rekening untuk proses refund dana.

Pesanan sesuai dengan keinginan pembeli namun pembeli perlu melacak keberadaan pesanan, selanjutnya pembeli dapat lakukan ini yaitu Log in di akun buyer dengan emai dan password yang terdaftar, lalu Klik dropdown profile akun, berikutnya Klik menu transaksi, lalu Klik menu daftar transaksi, kemudian Pilih transaksi yang telah di kirim penjual dan di input nomor resinya dan terakhir Cek nomor resi di website JNE atau cekresi.com bila penjual mengirimkan pesanannya menggunakan JNE.

Saat pesanan yang dipilih belum sesuai namun sudah terlanjur di proses maka pembeli perlu lakukan Langkah berikut ini yaitu informasikan ke customer service untuk menghubungi pihak penjual agar tidak memproses pengiriman ( selama status pesanan belum di proses penjual ), namun jika pesanan telah di proses oleh penjual maka proses pembatalan pesanan tidak dapat di lakukan. Catatan : jika kesalahan bukan pada pemilihan produk dan belum di lakukan pembayaran oleh buyer maka disarankan untuk re-order ( mengulang proses pembelian ) dengan melengkapi data yang sesuai.