Simak Berbagai Kemudahan Yang Didapatkan Dengan Solusi IoT Di Berbagai Sektor!

 

IoT merupakan istilah yang masih cukup asing bagi beberapa orang. Padahal internet of things ada di kehidupan anda sehari-hari. Simpelnya, apa itu Internet of Things adalah AC yang terkoneksi dengan internet atau disebut dengan smart AC. Bisa dibilang cara kerja dari IoT adalah nyata pada smart AC.

Selanjutnya mengenai vendor IoT, solusi IoT dari Telkom Indonesia vendor dengan nama Telkomiot.com berkontribusi untuk kemajuan digital ekonomi Indonesia. Perlu diketahui pula bahwa, solusi IoT ini bisa dirasakan di berbagai macam sektor. Bagi yang tidak tahu, berikut beberapa sektor yang membutuhkan solusi Internet of Things.

1. Kontrol Polusi Udara

Yang pertama solusi IoT mampu melakukan kontrol polusi udara terutama di kawasan perkotaan dan kawasan Industri. Sistem ini membantu mengontrol kualitas udara lewat server web dengan bantuan internet. Ketika kualitas udara menurun dan sudah melewati batasan maka alarm dari sistem otomatis berbunyi.

Hal ini bisa menandakan bahwa cukup banyak gas berbahaya seperti karbon dioksida, amonia, hidrogen oksida, sulfur oksida atau debu dan asap di udara. Polusi tentu saja masalah di hampir semua negara termasuk pula Indonesia.

2. Pengontrolan Kandang Ternak

Fitur yang ada pada solusi IoT membantu para peternak untuk memonitoring secara real-time lewat smartphone tentang situasi kandang. Sehingga para peternak bisa lebih tanggap untuk mengontrol kandang.

Terdapat pula fitur untuk mengetahui kualitas udara dan amonia yang ada pada kandang. Hal ini bisa berpengaruh pada kesehatan dan juga produksi unggas nantinya.

3. Sektor Pertanian

Solusi IoT bisa juga dipakai pada sektor agrikultur. Dimana Internet of things bisa dimanfaatkan petani untuk terhubung dengan perangkat sebagai cara meningkatkan kegiatan operasional di lahan pertanian. Dengan IoT nantinya petani bisa memonitor kondisi lingkungan di sekitar lahan. Ada pula fitur untuk proses penyiraman secara otomatis, pengurangan limbah hingga pengendalian hama sehingga meningkatkan produktivitas. Hal ini tentu membantu kemajuan pertanian di Indonesia.

4. Airport Automation

Solusi IoT pada bidang transportasi terutama bisa dirasakan pada sistem airport. IoT bisa melakukan berbagai kebutuhan misalnya untuk sistem informasi wisatawan. Ada pula fungsi lain yaitu pemantauan lalu lintas wisatawan dan sistem bagasi serta manajemen fasilitas. Aplikasi IoT yang dijalankan mampu meningkatkan efisiensi yang lebih nyata di bandara.

5. Pelacakan Aset

IoT mampu melakukan pelacakan aset dengan cara kerja yaitu memproses pelacakan lewat pergerakan. Akan terdapat sensor yang berisi chip GPS untuk mengirimkan koordinat yang sudah ditentukan lewat kontak dengan satelit GPS ke server.

Fungsi dari pelacakan aset ini, mampu menetapkan nomor identifikasi unik di setiap item yang ditemukan. Sistem akan memindai kode batang untuk menggunakan pemindai genggam. Vendor IoT dari Telkom mampu melacak pergerakan saat item berpindah tangan dan juga bergerak.

6. Penerangan Jalan Umum

Solusi IoT masyarakat sendiri bisa dirasakan pada penerangan jalan umum. Di mana listrik memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia, salah satunya untuk penerangan jalan umum masih bermasalah pada pemborosan biaya dan juga energi yang sia-sia. IoT bisa diaplikasikan untuk daerah perkotaan dengan mengatur sumber daya untuk penerangan jalan lebih efisien dengan adanya smart lighting. Smart lighting ini juga dilengkapi dengan LoRa untuk mengontrol lampu di jalan umum.

Itu tadi beberapa solusi IoT untuk kepentingan di berbagai macam sektor. Jadi kini anda tentu juga sudah tahu apa itu Internet of Things, yang sebenarnya sudah banyak diimplementasikan di kehidupan sehari-hari.

Telkom Indonesia sebagai vendor solusi IoT tentu saja mendukung Telkomiot.com dalam memajukan platform digital untuk pendukung akselerasi ekonomi digital. Dengwn adanya IoT maka diharapkan Indonesia bisa menjadi salah satu digital ekonomi terbesar khususnya untuk Asia tenggara.