Tips Mudah Merawat Kolam Renang Anak

Anak-anak tentunya sangat senang untuk bermain. Salah satu permainan yang disukai oleh anak adalah bermain air. Bermain air memang menjadi salah satu hal yang menyenangkan bagi orang dewasa maupun anak-anak. Untuk orang tua yang menginginkan kolam renang anak secara pribadi namun cukup hemat, adalah menggunakan kolam terbuat dari plastik.

Kolam renang yang terbuat plastik sudah banyak dijual oleh masyarakat sehingga sangat mudah untuk ditemui. Cara penggunaannya juga sangat mudah sehingga banyak para orangtua yang memilih alternatif ini. Namun, agar kolam plastik ini tetap awet maka ada beberapa tips untuk merawat kolam renang anak yang bagus. Berikut tipsnya:

1. Membersihkan Air Setelah Digunakan

Membersihkan air kolam renang bayi tinggi 1 meter sangat penting untuk merawat keawetan kolam. Selain itu hal tersebut berfungsi juga untuk menghilangkan berbagai macam bakteri dan kuman yang ada di dalam air. Sebaiknya langsung membersihkan kolam setelah dipakai bermain oleh anak, jangan menunggu selama berhari-hari agar kumannya tidak semakin berkembang.

Untuk membersihkan kolam renang ini cukup mudah. Yaitu cara mulailah dengan membersihkan dan menggosok setiap bagian kolam menggunakan sarung tangan dengan sabun cuci piring ataupun larutan pemutih. Setelah selesai digosok maka langkah selanjutnya adalah membersihkan sisa sabun dengan air yang mengalir.

2. Keringkan Dengan Sempurna

Setelah selesai dicuci dengan bersih maka anda dapat menjemur kolam renang anak plastik tersebut pada sinar matahari secara langsung. Namun jangan terlalu lama, tunggu hingga kolam tersebut kering, pastikan juga bahwa kolam yang sudah dijemur semua bagiannya kering secara sempurna.

Hal ini berfungsi agar tidak terjadi pertumbuhan lumut ataupun jamur pada sisi kolamnya. Apabila tumbuh lumut maka dapat dipastikan kolam tersebut akan menjadi licin. Sehingga sangat bahaya bagi anak apabila terpeleset atau tergelincir saat bermain air oleh lumut yang ada pada kolam renangnya.

3. Simpan Di Tempat Yang Kering

Agar kolam renang tersebut tetap awet dalam jangka waktu yang relatif lama, maka proses penyimpanan juga dapat mempengaruhinya. Apabila sudah melakukan tahapan seperti di atas, maka tips selanjutnya adalah menyimpan pada tempat yang kering dan jauh dari lembab.

Karena dengan menyimpan pada suhu ruangan yang tergolong lembab maka mampu menumbuhkan jamur dan juga lumut yang biasanya tumbuh pada tempat yang lembab. Untuk itu pastikan tempat yang akan digunakan sebagai tempat penyimpanan adalah tempat yang kering.

4. Tidak Menggunakan Larutan Pemutih Pada Air Kolam Renang

Setiap kolam biasanya selalu menggunakan zat klorin atau larutan pemutih agar kolam renang tetap bersih dan dapat membunuh kuman yang ada didalamnya. Namun untuk penggunaan pribadi seperti menggunakan kolam renang anak sebaiknya tidak menggunakan zat tersebut.

Apabila memberikan zat tersebut pada dosis yang salah maka dapat merusak kulit pada anak dan dapat menimbulkan alergi. Untuk itu sebaiknya tidak menggunakan larutan pemutih pada kolam pribadi. Cukup dengan mengganti air tersebut dengan air yang lebih bersih jauh lebih aman dibandingkan menggunakan zat klorin.

 

Beberapa ulasan di atas merupakan tips yang mudah untuk merawat kolam renang anak agar kolam tersebut awet dalam waktu yang lama. Selain itu tips tersebut merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan agar kolam tetap bersih dan jauh dari kuman yang mampu menyerang daya tahan tubuh anak. Untuk itu jangan malas membersihkan kolam renang. dapatkan kolam renang untuk anak terbaik dengan harga terjangkau dan punya kualitas bagus hanya di Blibli. Di marketplace ini Anda bisa mendapatkan kolam renang dengan harga mulai dari ratusan ribu saja.